Satechain Media

Wamendag Menyatakan pengaruh aset kripto terhadap ekonomi indonesia

SHARE

satechainmedia.com- Jerry Sambuaga Wakil mentri Perdagangan (Wamendag) mengungkapkan bahwa teknologi Blockchain akan menjadi pendorong evolusi perdagangan saat ini.

Menurutnya pengaruh teknologi setidaknya ada tiga, seperti menciptakan produk berbasis digital, jerry mencontohkan prihal aset kripto yang ada di indonesia, konsep cryptocurrency dan Blockchain memberikan pengaruh besar untuk berbagai sektor industri, bahkan dalam konteks ekonomis makro.”Ungkap Jerry.

kripto akan mengevolusi semua jenis industri terutama dalam hal pengaturan perdagangan konvensional dari basis institusi menjadi otoritas pasar dan komunitas.

oleh sebab itu, Pemerintah wajib memberikan perhatian lebih untuk Cryptocurrency karena banyak sekali peluang di dalamnya yang bisa di jadikan sumber investasi dan menambah pendapatan negara sehingga otoritas dan ketahanan ekonomi indonesia bisa terjamin.

simplenya, ruang kripto harus di atur dan di tata sedemikan rupa dan harus di bawah regulasi negara, Jadi dinamika dan dampaknya bisa dikelola dengan baik.”ujar Jerry kepada wartawan, Minggu (5/9/2021).

Dampak Blockchain

Pengaruh teknologi kedua menurut Wamendag adalah dalam membentuk mekanisme perdagangan baru. Contoh sederhananya adalah perdagangan online melalui berbagai platform.

Dengan adanya teknologi informasi, perdagangan bisa di lakukan tanpa harus mempertemukan pembeli dan penjual di suatu tempat.

Ini sangat berpegaruh pada proses transaksi,pergudangan dan logistik serta pengiriman.

“Di masa pendemi Covid 19 saat ini, hal itu justru sangat berguna karena bisa menjadi sebagai solusi terbaik dari terbatasnya interaksi yang di lakukan pada aktifivas ekonomi dan perdagangan,” ungkap jerry.

Ketiga, teknologi juga memberikan pengaruh dalam hal perdagangan dan memberikan pola-pola interaksi dan transaksi yang dilakukan oleh perdagangan konvensional. misalnya terjadi dalam hal pembayaran yang bisa dilakukan secara digital.

Indonesia menurut Wamendag harus mengoptimalkan manfaat teknologi pada ketiga segmen tersebut. Ini penting agar perdagangan Indonesia bisa berlangsung secara efesien dan berdaya saing serta menciptakan peluang-peluang baru.

“Jadi kita harus memaksimalkan dalam menciptakan produk digital baru maupun dalam hal mengoptimalkan pola perdagangan lama dengan teknologi.

Dengan demikian sektor perdagangan akan memberikan kontribusi dalam menciptakan ekonomi yang berdaya saing dan makin optimal manfaatnya bagi masyarakat.[suara.com/ed]