Satechain Media

apa itu Decentralized Finance (DEFI) ?

SHARE

Keuangan Terdesentralisasi/Decentralized Finance (atau singkatnya DeFi) merujuk pada ekosistem aplikasi keuangan yang dibangun di atas jaringan blockchain

Lebih spesifik lagi, istilah Decentralized Finance dapat berarti sebuah pergerakan yang bertujuan untuk menciptakan layanan keuangan yang open-source, tanpa membutuhkan izin, dan transparan yang tersedia untuk setiap orang dan beroperasi tanpa otoritas terpusat.

Para pengguna akan memegang kendali penuh atas aset-aset mereka dan berinteraksi dengan ekosistem melalui aplikasi terdesentralisasi/decentralized applications (dapps)peer-to-peer (P2P).

Kegunaan pokok DeFi adalah kemudahan mengakses layanan keuangan, terutama bagi mereka yang terisolasi dari sistem keuangan saat ini.

Potensi manfaat DeFi lainnya adalah kerangka kerja modular yang dibangun di atas aplikasi-aplikasi DeFi interoperable pada blockchain publik akan berpotensi menciptakan pasar, produk, dan layanan keuangan yang sama sekali baru. 

Apa manfaat DeFi?

Keuangan tradisional bersandar pada institusi seperti bank yang bertindak sebagai pihak perantara, dan menghendaki adanya arbitrase. 

Aplikasi-aplikasi DeFi tidak membutuhkan pihak perantara atau para arbitrator. Kodenya menentukan resolusi atas setiap sengketa yang mungkin terjadi, dan pengguna memegang kendali atas dana mereka setiap saat.

Ini mengurangi biaya yang berhubungan dengan penyediaan dan penggunaan produk dan memungkinkan adanya sistem keuangan yang lebih mandiri.

Karena layanan-layanan keuangan terbaru ini dipasang di atas blockchain, single points of failure dapat dihilangkan. Data direkam di blockchain dan tersebar di ribuan nodes, menjadikan penyensoran atau potensi penutupan layanan hampir tidak mungkin terjadi. 

Karena kerangka kerja aplikasi-aplikasi DeFi dapat dibangun sebelumnya, maka untuk memasangnya menjadi lebih mudah dan aman.

Manfaat signifikan lainnya dari ekosistem terbuka adalah kemudahan untuk mengakses bagi setiap orang yang selama ini mungkin tidak memiliki akses ke layanan-layanan keuangan.

Karena sistem layanan keuangan tradisional mengandalkan peran pihak perantara untuk mendapatkan laba, layanan mereka biasanya tidak tersedia di lokasi di mana masyarakatnya berpenghasilan rendah. Namun, dengan DeFi, biaya-biaya dikurangi secara signifikan, dan setiap orang berpenghasilan rendah juga mendapatkan manfaat dari layanan keuangan yang lebih luas

Kegunaan DeFi?

Meminjam & Meminjamkan

Protokol pemberian pinjaman terbuka adalah salah satu jenis aplikasi terpopuler yang menjadi bagian dari ekosistem DeFi. Peminjaman dan pemberian pinjaman yang terbuka dan terdesentralisasi memiliki banyak manfaat jika dibandingkan dengan sistem kredit tradisional.

Manfaat-manfaat tersebut meliputi penyelesaian transaksi secara instan, kemampuan untuk menjamin aset digital, tanpa pemeriksaan kredit, dan potensi standarisasi di masa depan. 

Karena layanan pemberian pinjaman ini dibangun di atas blockchain publik, ini dapat mengurangi kebutuhan akan kepercayaan dan memiliki penjaminan dari metode verifikasi kriptografi.

Pasar pemberian pinjaman pada blockchain mengurangi risiko yang mungkin muncul dari pihak lawan, membuat peminjaman dan pemberian pinjaman menjadi lebih cepat, lebih murah, dan tersedia bagi lebih banyak orang.