Satechain Media

Kolaborasi Epic Kuytoken Dan LYTOGAMES Luncurkan Game PlayToEarn

SHARE

satechainmedia.com- Perkembangan pesat blockchain dengan segala ekosistem pendukung terus melahirkan berbagai inovasi baru, mulai dari Decentralized Finance (DeFi), Non-Fungible Token (NFT), Metaverse, dan kini hadir game dengan konsep Play-to-Earn (P2E).

Game Play-to-Earn merupakan game yang memungkinkan para pemain untuk bermain game sekaligus menghasilkan uang dan melakukan transaksi aset digital.

Konsep game P2E dianggap sebagai sebuah revolusi dalam industri game karena hadir dengan format baru dan daya tarik yang berbeda. Saat ini masyarakat sudah bisa menikmati sejumlah game Play-to-Earn, contohnya seperti Dekaron Online.

Dekaron Online (LYTOGAMES) merupakan game bergenre MMORPG PC yang memungkinkan pemain untuk menjelajahi dunia, mengalahkan monster, dan yang paling penting adalah mengumpulkan token.

Dalam game Dekaron, pemain dapat menemukan berbagai jenis karakter, monster, hewan peliharaan, keterampilan sihir, dan bahkan ada mode PvP yang dirancang sebagai game eSport.

Pemain juga dapat mengumpulkan aset berharga bernama Karonium yang didapatkan melalui pertarungan. Kemudian, Karonium yang sudah terkumpul dapat ditukar dengan mata uang kripto sebelum dikonversi ke mata uang asli di platform penukaran yang mendukung game tersebut.

Adapun, token kripto yang digunakan dalam game Dekaron adalah KUY Token, sebuah token utilitas luncuran dari KUY Network.

KUYToken adalah token utilitas yang menyediakan solusi teknologi dan sistem untuk game dan industri kreatif sehingga mereka dapat mengadopsi teknologi blockchain. KUY Network memiliki empat fitur utama yang dapat dinikmati pengguna:

1. Game Token

KUY Token adalah token utilitas dari KUY Network yang dapat digunakan untuk banyak pengembang dan penerbit game untuk membangun NFT, blockchain, game token, metaverse, dan masih banyak lagi. KUY Token akan dikembangkan di Binance BEP-20 dan Vexanium Blockchain.

2. Game Wallet

Pengguna dapat menerima hadiah dan item dalam game untuk mengisi dompet yang telah dibuat. Di dalam dompet, pengguna dapat mencari transaksi mereka serta barang-barang unik yang tidak dapat dipertukarkan (NFT). Dompet ini juga dapat digunakan untuk memperdagangkan barang di marketplace dan menyimpan token game seperti KUY Token.

3. Marketplace

Pasar aset digital ini berfungsi berdasarkan API tradisional, memberi pelaku industri game alat yang mereka butuhkan untuk membeli, menjual, dan mengelola aset digital. Pemain akan memiliki akses ke pasar universal di mana mereka dapat memperoleh penghasilan tambahan melalui token game.

4. Multi-chain Infrastructure

KUY Network membantu industri game memasuki dunia blockchain. Rantai publik (public chain) menjalankan peran pengelolaan aset dalam ekosistem KUY, karena tidak ideal untuk mengisolasi aset pengguna di blockchain pribadi.

KUY Network membutuhkan sistem dengan tingkat TPS (transaksi per detik) yang tinggi untuk memproses transaksi massal yang dihasilkan oleh game. Oleh karena itu, KUY Network menggunakan Vexanium Public Blockchain atau Game Private Blockchain.

Munculnya konsep game Play-to-Earn sendiri tidak terlepas dari NFT. Oleh karena itu, game Play-to-Earn lebih sering dikenal dengan nama game NFT. Game Play-to-Earn menggabungkan desain game konvensional dengan mekanisme game yang memungkinkan pemain memiliki kontrol lebih besar atas aset dalam game, contohnya seperti skin, karakter, senjata, tanah virtual, dan lain sebagainya.

Penambahan teknologi blockchain dan NFT membuat lingkungan game menjadi terdesentralisasi, sehingga kontrol game berada di tangan para pemain.

Dampak yang paling signifikan adalah para pemain akan dapat menggunakan kepemilikan penuh atas aset mereka di dunia game. Ini juga membuka peluang untuk memperdagangkan aset langka di dunia game yang bisa menghasilkan uang di dunia nyata.

Selain itu, koleksi NFT pemain dapat digunakan di banyak atau bahkan semua game karena menggunakan teknologi blockchain. Data dan kepemilikan aset dapat dilacak di atas jaringan, yang dapat ditransfer dengan mudah ke seluruh game di blockchain yang sama. 

Menggunakan teknologi NFT berarti menciptakan nilai abadi (lasting value) untuk aset dalam game dan merevolusi dunia game. Beberapa hal yang menjadikan NFT penting dan cocok bagi perkembangan dunia game antara lain informasi menjadi transparan, pemain dapat memegang kendali, investasi, dan melakukan jual-beli aset digital.