Satechain Media

WeChat, Kini Mendukung Proyek CBDC Dari Pemerintah Tiongkok

SHARE

satechainmedia.com- Raksasa, sosial media asal china WeChat mengatakan akan mendukung Yuan Digital, dalam sebuah langkah yang diharapkan dapat meningkatkan Penggunaan Mata Uang digital (CBDC) ke semua pelosok Tiongkok.

WeChat adalah salah satu Platform Messenger dan pembayaran terbesar di china, Dilaporkan akan mendukung Yuan Digital, Penambahan CBDC ke platform sosial media diharapkan dapat meningkatkan tingkat adopsi Yuan Digital.

Keputusan Perusahaan untuk mendukung CBDC datang tak lama setelah Bank Sentral meluncurkan aplikasi E-cny yang memberi pengguna di wilayah dan kota tertentu untuk mengakses ke Yuan digital.

Melansir dari laporan Coinrivet, pengumuman Wechat, serta dimasukkannya Alipay (Alibaba Payment) dalam ekosistem mata uang digital.

Itu menunjukkan, bahwa E-cny saja mungkin tidak mencapai tujuan Bank Sentral untuk membuat lebih banyak orang china menggunakan Central Bank Digital Currency (CBDC).

Alasan Sentral Bank bermitra dengan Wechat dan Alipay

mengutip dari Linghao Bao, seorang analis di konsultan trivium china yang mengatakan bahwa dia melihat keputusan bank sentral untuk mengkooptasi dua raksasa internet tersebut.

Linghao berkata:

Konsumen China begitu terkunci di Wechat Pay dan Alipay, tidak realistis untuk meyakinkan mereka untuk beralih ke aplikasi pembayaran seluler baru. Jadi masuk akal bagi bank sentral untuk bekerja sama dengan Wechat Pay dan Alipay daripada melakukannya sendiri.

Dukungan, Wechat terhadap Yuan Digital menambah daftar kasus penggunaan aplikasi sosial media yang berkembang dan sudah mencakup layanan pembayaran.

Penambahan CBDC ke layanan Wechat Pay juga berpotensi memberikan akses mata uang digital ke sekitar 800 juta pengguna aktif di wechat.

Bank Pertanian Luncurkan ATM untuk Yuan Digital

Pada tanggal (12/01/2021) tahun lalu, Bank Pertanian di Tiongkok telah meluncurkan program Automated Teller Machine (ATM) yang memungkinkan warganya agar beralih dari uang fiat ke yua digital.

Upaya Pemerintah Tiongkok untuk mengembangkan mata uang digital yang dikeluarkan secara terpusat pada hari Minggu ketika Bank Pertanian milik negara Tiongkok meluncurkan ATM yuan digital pertama.

Masyarakat di tiap cabang Bank tertentu di wilayah Shenzen dilaporkan telah mulai membelanjakan dan mengonveksi yuan digital yang mereka terima sebagai bagian dari angpao “amplop merah” China, yang menghasilkan mata uang baru senilai $3 juta dollar yang diberikan kepada 100.000 warga setempat.