Satechain Media

Kazakhstan Putus akses Internet Market Crypto Langsung Rontok

SHARE

satechainmeia.com- Kazakhstan negara dari bagian Eropa Timur ini sedang mengalami kekacauan karena ribuan pengunjuk rasa turun ke jalan dan akibatnya terjadi banyak kekacauan di ibukota Nursultan, dan market crypto kena dampaknya.

Akibat aksi dari unjuk rasa tersebut pihak berwenang pun mengambil langkah memutus akses internet dan telepon seluler secara nasional sebagai upaya meredam kerusuhan.

Dilansir dari Finance Detik, hal itu memberikan pukulan telak terhadap aktivitas penambangan bitcoin di negara tersebut yang dikenal sebagai negara penambang bitcoin terbesar kedua di dunia.

Situasi ini pun membuat Pasar Cryptocurrency langsung rontok seketika, Bitcoin turun di bawah US$ 42.000 untuk pertama kalinya sejak September dalam perdagangan Jum’at (7/1), jatuh lebih dari 10%.

Penutupan akses internet membuat sekitar 15% Hashrate penambangan bitcoin di dunia mengalami offline.

“tidak ada internet jadi tidak ada penambangan” kata Didar Bekbau, salah satu penambang bitcoin di Kazakhstan.

Pada tanggal 10 July 2021, Tiongkok mengusir semua penambang Cryptocurrency banyak dari mereka mencari perlindungan di negara tetangga Kazakhstan.

Setelah beberapa waktu kemudian ketika seluruh para imigran Crypto ini pindah, protes atas lonjakan harga bahan bakar telah mengubah negara tersebut menjadi kerusuhan terburuk yang pernah terjadi di negara itu dalam beberapa dekade, hal ini membuat pengusaha penambangan kripto terjebak.

Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev memerintahkan penyedia telkomunikasi di negara itu untuk menutup seluruh layanan internet, meskipun telah kembali pulih, ada dua fakta penting tentang keadaan Industry penambangan Crypto.

Pertama, Hashrate pada bitcoin tetap aktif dan terus bergerak walaupun sebagain besar kegiatan penambangan secara tiba-tiba mati mendadak.

kedua, Amerika Serikat (AS) mungkin akan menjadi tempat baru bagi para penambang bitcoin, karena mereka ingin menghindari gangguan di masa depan.

volume perdagangan crypto

Menurut data CoinmarketCap, total kapitalitas pasar semua mata uang kripto saat ini  $1,978,320,548,566 dan total volume perdagangan selama 24 jam terakhir $126,426,720,294 semua perdagangan kripto.

Dan untuk dominasi bitcoin sendiri, pada saat pembuatan artikel ini adalah BTC 39,9% dan ETH 19,3% dominasi Bitcoin dan ETH cendung mengalami penurunan pada saat ini, di bandingkan pada Agustus tahun lalu.