Satechain Media

Sempat Tolak Bitcoin, Warga El Salvador Kini Rebutan Tukar USD ke BTC

SHARE

satechainmedia.com- Ribuan warga El Salvador diketahui mulai menukar Dolar Amerika Serikat dengan Bitcoin. Presiden El Savador Nayib Bukele membenarkan hal tersebut.

Cuitan Bukele di Twitter yang dikemas dengan topik “2 Fakta Tentang Chivo” kini menjadi sorotan. Bagaimana tidak, Bukele memaparkan bahwa mereka telah menerima 24.076 pengiriman uang. Dan penambahan hingga $3,069,761.05 dalam sehari.

“Warga sepertinya telah memasukkan lebih banyak dolar AS untuk menukarkannya dengan Bitcoin. Sedangkan angka USD yang mereka tarik dari ATM Chivo lebih sedikit.

Warga El Salvador Sempat Tolak Bitcoin

Sebelumnya, warga pernah menolak mentah-mentah penggunaan bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah pada September lalu.

Tidak tanggung-tanggung, warga yang turun dalam aksi demo ini membakar Chivo yang merupakan ATM Bitcoin. Dikutip dari laman CNN Indonesia, setidaknya sekitar 200 ATM Bitcoin yang tersebar dibakar oleh massa.

Masyarakat beramai-ramai turun ke jalan membawa spanduk dengan berbagai tulisan. Terlihat spanduk dengan tulisan “katakan tidak pada bitcoin”, “diktator!”, dan masih banyak lagi yang menunjukkan kekecewaan mereka pada kebijakan Bukele.

Aksi ini terjadi tepat pada perayaan dua abad kemerdekaan El Savador dari jajahan Spanyol.

Warga El Savador Mulai Terima Bitcoin

Setelah memberikan penolakan yang luar biasa, kini warga El Savador berbondong-bondong menukarkan mata uang fiat dolar AS dengan BTC.

Hal ini dikarenakan momen kenaikan Bitcoin yang terus melonjak tajam . Warga mulai menukar tabungan dalam bentuk dolar AS mereka menjadi Bitcoin.

Peningkatan penukaran dolar ke BTC ini dinilai sebagai sebuah sentimen positif. Meskipun awalnya ditolak, kini mayoritas masyarakat telah menerima Bitcoin.

Kebijakan presiden Bukele untuk melegalkan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah kini menjadikan negara tesebut sebagi negara pertama yang melegalkan mata uang crypto sebagai alat pembayaran yang sah.

El Savador Berikan  Penawaran Karena Penggunaan Bitcoin

Berkat respon masyarakat yang sudah mulai positif terhadap legalnya Bitcoin di El Savador, pemerintah memberikan berbagai penawaran.

Salah satunya adalah subsidi bahan bakar dan pembebasan pajak untuk penggunaan mata uang crypto berupa Bitcoin.

Pemerintah juga berencana membangun rumah sakit hewan dengan anggaran sekitar $4000 K dengan keuntungan dari pasar bull Bitcoin.