Satechain Media

Polisi Brazil, lakukan operasi nasional lawan pencucian terkait kripto

SHARE

satechainmedia.com- Polisi Federal Brazil meluncurkan Operasi nasional, penyelidikan terhadap kejahatan pencucian uang terkait cryptocurrency minggu lalu. Penyelidikan menghasilkan eksekusi beberapa surat perintah penyitaan di seluruh negeri, yang melibatkan 150 polisi federal yang aktif di lima kota berbeda. Operasi muncul melalui penyelidikan yang mengidentifikasi kejahatan pencucian uang terkait cryptocurrency di internet mulai tahun 2018.

Polisi Melawan Pencucian Uang kripto

Polisi Federal Brasil dikerahkan minggu lalu untuk memeriksa beberapa lokasi yang diduga terkait dengan operasi pencucian uang terkait cryptocurrency. Ini mengikuti penyelidikan yang dimulai pada tahun 2018. Operasi membutuhkan keterlibatan 150 polisi federal, yang melakukan 34 surat perintah penggeledahan dan penyitaan di beberapa kota di negara itu, termasuk Goiânia, Campo Grande, São Paulo, Laranjal Paulista, Recife, dan Vitoria.

Tetapi polisi Brazil tidak hanya membatasi diri pada pelaksanaan surat perintah ini. Operasi tersebut juga mencakup penerbitan lebih dari 30 perintah untuk memblokir rekening bank dan portofolio cryptocurrency oleh Pengadilan Federal di Goiás. Jumlah total dana yang di sita oleh pihak kepolisian belum di konfirmasi berapa nominalnya.

Penyelidikan awal, yang dimulai pada 2018, mengidentifikasi aktivitas peretas yang menggunakan rekening bank berbeda untuk mengalihkan dana untuk bisnis cryptocurrency, yang disalurkan melalui rekening bank perusahaan yang diselidiki.

Pihak berwenang Brazil sangat sibuk dalam hal mengidentifikasi dan mengejar kejahatan terkait cryptocurrency. namun pada bulan lalu, polisi Brasil menyita lebih dari $33 juta dalam penyelidikan serupa yang menyelidiki dugaan hubungan antara sekelompok bursa yang tidak disebutkan namanya bersama suatu perusahaan.

Juga, awal bulan ini, pihak berwenang menjual bitcoin yang disita oleh pemerintah dan pengadilan federasi brazil. Bitcoin, yang diambil dari dugaan organisasi skema Ponzi Tradergroup, dijual di salah satu bursa dengan lebih banyak likuiditas di negara itu dengan tujuan untuk mengembalikan sebagian uang yang diinvestasikan kepada investor. Namun, bitcoin senilai $1,1 juta yang terjual tidak cukup untuk mengembalikan dana kepada para investor, karena jumlah tersebut masih kurang dari total kerugian yang di alami oleh para investor.