Satechain Media

Mengenal mata uang kripto Waves ,beserta ekosistem di dalamnya

SHARE

APA ITU WAVES ?

Blockchain Waves dirancang untuk mengizinkan pengguna membuat dan meluncurkan token kripto khusus di atas jaringanya .Waves Blockchain mengharuskan pembuatan dan perdagangan token kripto tanpa perlu pemrograman kontrak pintar yang ekstensif. Sebaliknya, token dapat dibuat dan dikelola melalui skrip yang berjalan di akun pengguna di blockchain Waves.

Idenya adalah bahwa pengembangan token baru (dan aplikasi yang mengaturnya) tidak boleh berbeda secara substansial dari peluncuran aplikasi web tradisional.

Untuk mencapai tujuan ini, program dan aplikasi berjalan sebagai lampiran pada transaksi ini, dan aset baru diberi pengenal unik. Skrip hanya dapat dilampirkan pada saat pembuatan aset.

Aset ini dirancang untuk mengelola dalam ekosistem Waves, yang mencakup pertukaran terdesentralisasinya (Waves Exchanger), dibuat untuk memfasilitasi perdagangan antara token yang dibuat di blockchain Waves dengan token WAVES lainnya.

Pada tahun 2018, tim Waves menambahkan fungsionalitas kontrak pintar ke Waves MainNet, memungkinkan pihak ketiga untuk membangun aplikasi terdesentralisasi (dapps). Selanjutnya, pada tahun 2019, tim di balik platform mulai memasarkan Waves Enterprise, versi jaringan yang dirancang untuk institusi.

Untuk informasi lainnya dari tim Waves, Anda dapat mengunjungi blog Waves Medium, yang berisi tip dan tutorial tentang jaringan dan teknologi yang berkembang.

Siapakah pencipta Blockchain Waves?

Blockchain Waves didirikan oleh pengusaha Sasha Ivanov pada tahun 2016.

Saat itulah Ivanov mendirikan Waves Platform AG, sebuah perusahaan profit yang berkantor pusat di Moskow yang tujuannya adalah untuk mendorong dan mendanai pembuatan jaringan blockchain baru.

Tim Waves mengadakan initial coin offering (ICO) untuk cryptocurrency WAVES-nya pada bulan April 2016, dan mendapatkan Raised Fund sebanyak $22 juta (~30,000 BTC).pada saat itu.

Blockchain Waves diluncurkan tak lama setelah itu pada Q3 tahun 2016.

Mengapa WAVES memiliki nilai?

mata uang kripto WAVES memiliki peran kunci dalam memelihara dan mengoperasikan jaringan Waves.

WAVES digunakan untuk membuat token khusus dan untuk membayar biaya transaksi. Selanjutnya, persediaan token WAVES terbatas – hanya ada 100 juta WAVES.

Kepemilikan cryptocurrency WAVES menentukan siapa yang dapat menambahkan blok baru ke blockchain Waves dan siapa yang mendapatkan bagian dari biaya yang dibayarkan untuk transaksi.

Setiap pengguna yang ingin menjadi full node membutuhkan saldo minimal 1.000 WAVES. Waves memungkinkan pengguna yang tidak memiliki banyak token untuk berpartisipasi dalam penambangan dengan menyewa node mereka, tetapi sewa membutuhkan biaya 0,002 WAVES.

Bagaimana Waves bekerja?

Blockchain Waves menggunakan dua jenis node yang berbeda untuk menjalankan perangkat lunaknya: node penuh dan node ringan.

Node penuh menyimpan riwayat lengkap transaksi, sementara node ringan bergantung pada node penuh untuk konfirmasi transaksi dan interaksi dalam jaringan.

Untuk menjaga agar jaringan terdistribusi tetap sinkron, Waves menggunakan variasi mekanisme konsensus proof-of-stake (PoS) yang disebut leased proof-of-stake (LPoS).

Waves LPoS Blockchain
Dalam model proof-of-stake tradisional, setiap node yang memilih untuk mengunci token dapat memenuhi syarat untuk menambahkan blok ke blockchain. Peluang sebuah node akan dapat menambahkan blok umumnya meningkat atau menurun tergantung pada jumlah koin yang telah dikunci oleh node dalam kontrak khusus.

Dengan LPoS, node juga memiliki opsi untuk menyewakan saldo mereka ke node penuh.

Ini berarti bahwa ketika sebuah node penuh dipilih untuk menghasilkan blok berikutnya dan diberi kompensasi, node yang menyewakan token ke node yang dipilih tersebut mendapatkan persentase tertentu dari pembayaran.

Waves-NG
Protokol yang menentukan node mana yang berhak menghasilkan blok berikutnya disebut Waves-NG, dan ini merupakan modifikasi dari ide yang pertama kali diajukan (tetapi ditolak) untuk Bitcoin (BTC).

Waves-NG memecah blockchain Waves menjadi dua jenis blok – “blok kunci” dan “blok mikro.” Blok kunci dibuat oleh penambang bukti kepemilikan yang dipilih secara acak. Kunci publik di blok ini kemudian digunakan oleh node lain untuk membuat banyak mikroblock yang mencakup transaksi.

Sebagai Smart Asset

Inti dari blockchain Waves adalah kemampuan untuk membuat ‘Aset Cerdas,’ token dengan skrip terlampir yang ditulis dalam Ride, bahasa pemrograman asli Waves. Token apa pun dapat diberikan fungsionalitas dengan melampirkan skrip. Eksekusi skrip membutuhkan biaya 0,004 WAVES.

Karena Waves memungkinkan pengguna untuk mengeluarkan token tanpa pengalaman pemrograman, token dan transfer selanjutnya dilakukan sebagai lampiran yang ditambahkan ke transaksi.

Jenis transaksi yang berbeda diperkenalkan melalui plug-in yang dipasang sebagai ekstensi di atas blockchain.