Satechain Media

Istilah Trading Aset Kripto, Pemula Wajib Tahu!

SHARE

satechainmedia.com- ketika ingin berinvestasi di aset cryptocurrency, penting rasanya untuk kamu ketahui istilah istilah trading di dalam aset kripto, ini di perlukan agar trading yang di lakukan bisa sukses.

Namun, terkadang bagi Investor pemula mereka suka kebingungan dengan istilah-istilah yang sering ditemui di dunia trading aset kripto.

Nah, pada pembahasan kali ini satechainmedia akan membahas daftar istilah-istillah trading kripto yang wajib pemula ketahui saat akan berinvestasi pada cryptocurrency.

tanpa basa-basi lagi mari langsung saja berikut daftarnya!

Blockchain

Blockchain merupakan teknologi baru yang mendasari mata uang kripto dan berfungsi sebagai penyimpanan data digital yang aman dan terbuka. Blockchain seperti buku besar berisi data transaksi yang bisa diakses oleh siapa pun.

Altcoin

Altcoin merupakan kepanjangan dari kata “alternatif koin” yang mengacu pada mata uang digital jenis lain selain Bitcoin.

Bearish dan Bullish

Bearish merupakan sebutan ketika harga stagnan dan mengalami penurunan. Sedangkan Bullish adalah ketika harga mengalami kenaikan. Secara umum Bearish berarti “turun” dan Bullish berarti “naik”.

Scalping

Scalping merupakan gaya trading untuk mendapat keuntungan/cuan/opit (profit) dalam waktu cepat. Mengingat harga aset kripto yang tidak pasti, maka cara ini bisa digunakan untuk mendapat keuntungan sedikit demi sedikit.

Whale

Individu yang memiliki mata uang kripto tertentu dalam jumlah yang banyak disebut Whale dengan minimum memiliki 5 persen dari total seluruh aset kripto. Para whale atau paus ini berpotensi memanipulasi harga dengan metode pump and dump.

DeFi

DeFi singkatan dari Decentralized Finance atau Keuangan Terdesentralisasi. DeFi merupakan sistem keuangan yang dijalankan di atas blockchain Ethereum dan Vexanium. Pada umumnya, DeFi menghadirkan layanan keuangan yang transparan dan terbuka.

Profit

Profit adalah keuntungan yang di dapat.

Rekt

Rekt adalah kamu rugi tidak dapat untung.

Buy

Membeli sebuah token / coin di Market / Exchange.

Sell

Menjual token / coin untuk dijadikan fiat / dana.

Hold / Hodl

Hold adalah istilah menahan token / coin di wallet atau Exchange dikarenakan menunggu harga tinggi.

Pump

Koin/Token tersebut naik tinggi keatas.

Dump / Koreksi

adalah istilah koin/token tersebut mengalami penurunan.

Rugpull

Adalah istilah developer (pengembang proyek) menarik semua likuiditas menyebabkan token tidak memiliki harga, bisa dibilang scam.

Scam

Project tersebut melakukan penipuan yang dilakukan oleh developer.

FUD

FUD adalah singkatan dari Fear, Uncertainty dan Doubt, ini menyebarkan ketakutan dan informasi yang salah untuk mendapatkan keuntungan supaya koin tersebut mengalami penurunan, serta memiliki tujuan untuk mempengaruhi sentimen pasar sehingga harga mengalami koreksi.

Fomo

Fomo adalah singkatan dari Fear Of Missing Out, sebenarnya istilah ini dapat ditemukan dalam berbagai keseharian. namun, di dalam istilah trading aset kripto Fomo dimaksud sebagai emosi yang mengakibatkan investor berbondong-bondong membeli suatu aset.