Satechain Media

Evolusi Teknologi 2022 Akan Menggila dengan Web 3.0 dan Metaverse

SHARE

satehainmedia.com- Evolusi teknologi dan inovasi sepertinya akan mulai dilakukan pada 2022, kehadiran hal-hal tersebut dinilai akan mengubah kehidupan manusia pada tahun ini dan beberapa tahun kedepan.

dilansir dari CNBC Indonesia, pada tahun ini pandemi covid 19 telah memaksa lahirnya budaya bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) yang diiringi dengan peningkatan dan pemanfaatan teknologi.

mulai dari perubahan strategi facebook menjadi Meta telah menyulut kembang api Metaverse, sebuah dunia baru dalam bentuk replika digital.

dengan melihat tren yang sekarang sedang berkembang, 2022 akan menjadi awal mula pengadopsian massal lebih banyak lahirnya tren teknologi dan inovasi baru yang lebih menarik, berikut adalah prediksi teknologi yang akan mengevolusi kehidupan manusia mulai dari sekarang.

Web 3.0 dan Crypto

fase pertama internet adalah pembuatan situs web dan blog, yang menjadi cikal bakal lahirnya perusahaan seperti Yahoo, eBay dan Amazon,”ini yang disebut Web 1.0″.

kemudian lahirlah tingkatan berikutnya yaitu Web 2.0 yang dimulai dari munculnya media sosial dan konten buatan pengguna di situs-situs seperti Facebook dan Youtube.

Pada Platform ini anda dipersilahkan untuk bisa “mendapatkan penghasilan dan mengendalikannya, mereka membiarkan anda menggunakan platfrom mereka” seperti yang di rangkum Benedict Evans, seorang analis independen yang berspesialisasi di Silicon Valley.

dengan teknologi yang terus berinovasi dalam perkembangannya, maka lahirlah fase teknologi terbaru yaitu Web 3.0.

Evans mengungkapkan dalam sebuah podcast bahwa fase ke tiga ini,”pengguna, pencipta dan pengembang akan memiliki otoritas dan suara dalam satu platform dengan cara yang sifatnya lebih kooperatif.” Ucapnya

“Langkah revolusioner semacam itu sangat mungkin diwujudkan oleh teknologi blockchain, dimana program komputer berjalan di dalam jaringan dan tersambung pada ribuan atau jutaan komputer lainnya.” tambah evans.

Sejauh ini, blockchain adalah salah satu pencetus lahirnya inovasi teknologi Web 3.0, bukan cuma itu keunikan lain dari blockchain juga memunculkan mata uang kripto seperti Bitcoin, dan objek digital unik seperti gambar atau animasi yang dibentuk ke dalam produk NFT.

Web 3.0 dan Cryptocurrency ini akan menjadi jalur utama dalam mengubah alur kehidupan manusia dimasa depan nanti, dimana pada saat sekarang, teknologi ini mulai banyak di adopsi dan di implementasikan di berbagai belahan dunia.

Metaverse

Istilah metaverse pertama kali digunakan dalam Snow Crash, novel ber-genre cyberpunk yang diterbitkan pada 1992. Dalam novel tersebut, metaverse digambarkan sebagai dunia virtual yang bisa dikunjungi oleh orang-orang melalui perangkat VR. Namun, Snow Crash tidak menggambarkan metaverse sebagai utopia sempurna yang membuat semua orang yang masuk ke dalamnya menjadi bahagia. Sebaliknya, metaverse menciptakan masalah tersendiri, mulai dari kecanduan teknologi, diskriminasi, kekerasan, dan harassment. Sebagian dari masalah itu bahkan sampai terbawa ke dunia nyata.

konsep Metaverse

Dilansir dari TribunNews dan dikutip oleh satechainmedia, Metaverse adalah konsep yang melibatkan dunia online di mana orang dapat berinteraksi dengan orang lain, berkolaborasi, dan berkomunikasi secara virtual, tanpa harus berada di ruang yang sama.

Hal ini konsepnya sama seperti Zoom atau Google Meet, meskipun hanya menatap layar, tetapi masyarakat akan benar-benar melihat anggota keluarga atau kerabatnya seperti di hadapannya.

Metaverse juga cikal bakal awal dari perubahan kehidupan manusia di masa depan nanti, dimana teknologi ini memudahkan manusia dalam melakukan hal apapun.

sejatinya evolusi teknologi dan inovasi yang mulai dirasakan manusia saat ini adalah dampak dari perubahan alam yang terus tidak bersahabat dan kebiasaan kita sendiri yang menginginkan semua hal itu menjadi mudah dan serba instan.