Satechain Media

Bank of Jamaica Mengatakan telah Berhasil selesaikan “Proyek CBDC”

SHARE

satechainmedia.com- Bank of Jamaica (BOJ) baru-baru ini mengungkapkan bahwa mereka telah berhasil menyelesaikan uji coba mata uang digital miliknya (CBDC).

Pengumuman itu di sampaikan melalui situs resmi boj.org, namun dalam pernyataan tersebut yang dirilis terakhir tahun 2021, BOJ mengungkapkan bahwa hanya satu institusi yang berpartisipasi dalam uji coba tersebut.

Pernyataan tersebut menjelaskan:

Ruang lingkup percontohan CBDC terbatas pada penyedia dompet yang menunjukkan kesiapan mereka untuk berpartisipasi dalam jangka waktu yang dijadwalkan. Bank Komersial Nasional [NCB] berdasarkan tingkat pengalaman mereka di Sandbox bergabung dengan BOJ untuk menguji berbagai layanan yang akan ditawarkan menggunakan solusi CBDC.

Pernyataan itu juga menjelaskan bahwa keberhasilan proyek percontohan telah,”bergantung pada CBDC apakah dengan bersama solusi teknologi yang menyertainya dapat berhasil diterapkan di jamaika”pungkasnya.

CBDC senilai $230 juta juga dicetak

Bank of Jamaica (BOJ) juga menjelaskan bahwa tiga kegiatan telah diselesaikan selama fase percobaan, yang pertama dari kegiatan ini telah mencetak CBDC senilai $230 juta,”untuk diterbitkan kepada lembaga penerima deposito dan penyedia layanan pembayaran resmi”.

sehari setelah mencetak mata uang digital pada 9 Agustus 2021, BOJ kemudian menerbitkan CBDC senilai $1 juta yang di distribusikan kepada staff bank.

Selanjutnya pada tanggal (29/10/2021), uang digital sekitar $5 juta dikeluarkan untuk NCB dan ini menandai penerbitan pertama CBDC ke lembaga penerima deposito di Jamaica.

setelah menerima uang digital, NCB kemudian berhasil membawa 57 pelanggan yang terdiri dari 4 pedagang kecil dan 53 konsumen.

Pada gilirannya, 57 pelanggan melanjutkan untuk melakukan transaksi tatap muka , cash in dan cash out melalui,”37 akun dan menyelesaikan transaksi dengan pedagang kecil (perhiasan kerajinan lokal, desainer alas kaki, butik fashion serta garmen) melalu NCB acara disponsori .”Market Lawn” yang diadakan lebih awal pada Desember 2021.

Sementara Bank juga mengungkapkan, bahwa peluncuran CBDC sekarang dijadwalkan akan dimulai pada kuartal pertama tahun 2022.

selama priode ini, NCB yang merupakan satu-satunya penyedia layanan pembayaran resmi yang berpartisipasi dalam fase ini,”akan terus onboarding”.

pelanggan lama dan pelanggan baru pada saat yang sama akan dapat memesan CBDC dari BOJ dan mendistribusikan ke pelanggan mereka.

“test untuk menentukan interoperabilitas transaksi antara pelanggan dari berbagai penyedia dompet yang berpartisipasi juga akan dilakukan selama periode ini”tambah pernyataan itu.