Satechain Media

AS tak larang ETF BTC, Bitcoin Terus Meroket Hingga $60.000!

SHARE

satechainmedia.com- AS merupakan salah satu negara yang turut menerapkan beragam kebijakan terkait  mata uang crypto seperti Bitcoin. Bitcoin merupakan salah satu aset crypto yang ramai diperdagangkan oleh para trader hingga saat ini. AS sepertinya mulai membuka kesempatan untuk Exchange Trade Fund atau ETF Bitcoin Berjangka.

AS Pernah Tolak ETF Bitcoin

Exchange Trade Fund (ETF) Bitcoin sudah pernah mendapatkan penolakan dari otoritas pasar modal AS pada tahun 2018 lalu. SEC diketahui telah menolak banyak proposal ETF Bitcoin. Beberapa proposal tersebut adalah proposal yang diajukan oleh ProShares, GraniteShares, Winklefloss, dan masih banyak lagi.

Hal ini dikarenakan adanya anggapan bahwa terlalu banyak terjadi penipuan dan manipulasi di pasar crypto, khususnya Bitcoin. “Peraturan ini bertujuan agar tidak terjadi perdagangan dan transaksi yang manipulatif” terang SEC.

Setelah memberikan beberapa penolakan, SEC kini malah memberikan lampu hijau.

Bitcoin Capai $60.000

Setelah sempat anjlok bebrapa waktu lalu, Bitcoin akhirnya mencapai harga $60.000. Hal ini seiring dengan laporan mengenai kebijakan AS yang mengizinkan ETF (Exchange-Traded Fund) Bitcoin berjangka. Dengan adanya angin segar dari Komisi Sekuritas Bursa AS, harga Bitcoin masih bertahan di range $60K hingga hari ini.

ETF Bitcoin berjangka diperkirakan akan diperdagangkan di bursa efek sekitar pekan depan di Amerika Serikat.  Bloomberg  memperkuat dengan pernyataan sumber anonim mengenai pernyataan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC). Otor diketahui tengah melakukan peninjauan terhadap sekitar 40 pengajuan ETF Bitcoin.

Tenggat waktu untuk keputusan peninjauan ETF berjangka tersebut bahkan diperkirakan adalah minggu depan.

Dilansir dari coindesk.com, tindakan formal sebenarnya tidak terlalu diperlukan dalam persetujuan proposal terkait ETF. Dengan adanya undang-undang federal, proposal permohonan akan dinilai efektif apabila melewati batas waktu.

ProShares yang pernah mengajukan proposal terkait ETF kini mungkin akan mendapatkan perstejuan dari ESC. Bersamaaan dengan Invesco yang juga ikut memberikan pengajuan proposal.  “Sebelum berinvestasi dalam ETF bitcoin berjangka, pastikan Anda mempertimbangkan dengan cermat tentang potensi, risiko, dan manfaatnya” dikutip dari cuitan Kantor Pendidikan dan Advokasi SEC di Twitter.