Satechain Media

Steam Dan Itch Menyebutkan Jika NFT adalah Penipuan

SHARE

satechainmedia,com- Ketika banyaknya perusahaan Gaming mencoba untuk mengimplementasikan NFT kedalam platform mereka, seperti yang dilakukan oleh Square Enix, Ubisoft, EA dan Konami.

Justru hal ini berbanding terbalik dengan yang dillakukan Marketplace Gaming seperti Steam dan Itch.io mereka justru menolak keras teknologi blockchain dan juga Non-Fungible Token (NFT).

Steam pun menendang semua Developer game yang beralih ke NFT, cryptocurrency dan semua yang berbau teknologi blockchain dari toko digital mereka, Tak lama kemudian hal serupa juga akan dilakukan oleh marketplace game indie itch.io, lewat pernyataanya panas mereka di twitter.

Dilansir dari situs gamebrott dan dikutip oleh satechainmedia, itch membagikan tweteed pada minggu lalu. mereka mengumumkan perang terhadap NFT dan bahkan menyebutkan teknologi blockchain sebagai “penipuan”.

Official memposting,”Beberapa bertanya akan pendapat kami tentang NFT. NFT adalah pembohongan, apabila kamu benar benar berpikir mereka (NFT) itu memang ada gunanya selain dari eksploitasi kreator. pembohongan finansial dan juga perusak planet maka kami minta kamu untuk segera mengevaluasi kembali hidupmu”.

Pembicaraan NFT

NFT memang baru-baru ini menjadi bahan berbincangan yang besar tak hanya di industri game, di dunia maya bahkan banyak public figur atau artis yang mulai terjun ke industri ini.

Selain memberi akses bagi para artis untuk menjual karya mereka, memang terdengar bagus di konsep. Namun kenyataannya pasar NFT lebih banyak diisi oleh para investor yang lebih memetingkan nama dari pada kualitas sebuah seni yang dibagikan, serta pencuri aset milik orang lain.

Seperti NFT pada video game yang tidak memiliki kualitas dan reputasi yang baik, banyak kasus yang terjadi mulai dari pencurian aset game lain.

Kualitas game yang dipertanyakan, nilai mata uang yang dibuat, rawan masalah dan sekuritas dan masih banyak lagi.

Bahkan tanpa masalah tersebut, NFT terus dipandang sebagai perusak lingkungan karena mengkonsumsi daya yang begitu tinggi di tiap transaksi yang terjadi.

Itch.io lebih ditunjukkan sebagai tempat para developer game indie kecil yang merilis game mereka tanpa dana yang besar, dibandingkan merilis ke steam atau ke marketplace console.

Maka sebenarnya implementasi NFT tidak ada untungnya sama sekali pada platform toko itch.io. Namun pada akhirnya pendapat yang mereka lontarkan mendapat sambutan positif oleh netrizen.