Satechain Media

Indonesia Punya Marketplace NFT Sendiri, berikut daftarnya

SHARE

satechainmedia.com Non-Fungible Token (NFT) belakangan ini semakin menjadi perbincangan dimana-mana mulai dari kaum millenial, para Aktris bahkan pemerintah pun saat ini mulai membahas tentang potensial Industry NFT dalam meningkatkan nilai beragam karya dari para seniman.

Simpelnya, NFT adalah aset digital yang mewakili objek dunia nyata seperti karya Seni, Musik, item dalam game dan video, mereka dijual dan dibeli secara online.

NFT mengubah aset digital dan jenis barang dari koleksi menjadi satu-satunya, sehingga karya seni tersebut bisa terverifikasi keasliannya dan mudah dilacak siapa pemiliknya melalui teknologi blockchain.

Marketplace NFT ini pada umumnya sama seperti pasar online (shopee, lazada dan Tokopedia) namun yang membedakan mereka hanya menjual karya seni dan gambar yang sudah terkoneksi dengan blockchain.

nah pada pembahasan kali ini, satechainmedia akan membahas daftar nama marketPlace NFT apa saja yang sudah ada di Indonesia.

berikut daftarnya:

Rivernity

diluncurkan pada 25 oktober lalu, Rivernity adalah marketplace NFT terdesentralisasi pertama di jaringan vexanium dan satu-satunya pasar nft yang di dirikan langsung oleh komunitas VEXTRO sendiri,”adalah sebutan bagi penggiat blokchain di vexanium”.

agar bisa terkoneksi pengguna harus menggunakan dompet digital web 3.0 seperti Vexwallet untuk mencetak dan membeli NFT, ada banyak sekali fitur yang bisa digunakan pada Rivernity seperti baca selengkapnya….

Kolektibel

Indonesia Baskettball League (IBL) berkolaborasi dengan kolektibel.com meluncurkan Marketplace NFT khusus para penggemar olahraga tanah air.

diluncurkan secara resmi pada 28 oktober, bertepatan di hari sumpah pemuda ke 93, kolektibel adalah suatu platform dokumentasi dari aksi-aksi terbaik para pemain basket IBL selama berlaga di lapangan pada kompetisi musim 2021.

nah dari dokumentasi tersebut dijadikanlah sebuah merchandise dalam bentuk produk NFT yang mempunyai keunikan dan benefit tersendiri, bagi kalian pemain atau penggemar olahraga basket yang kesulitan dalam mendapatkan merchandise favorite dari sang idola, mungkin bisa mencoba membeli produk NFTnya.

Baliola

Baliola adalah MarketPlace NFT bagian dari proyek aset kripto kepeng.io berbasis blockchain vexanium, Baliola hanya berfokus menjual karya dari berbagai seniman di Bali dengan mekanisme NFT.

menariknya, Baliola ini diinkubasi langsung dengan Badan Ekonomi Kreatif Denpasar (BKRAF) yang nantinya tidak hanya menjual produk seniman, melainkan penjual harus divalidasi terlebih dahulu dan di buatkan halaman sendiri.

jadi para penjual bisa membuat etalase produknya masing-masing.

TokoMall

Marketplace NFT TokoMall adalah bagian dari salah satu exchange kripto terbesar di indonesia yaitu TokoCrypto, Toko mengklaim sebagai pelopor NFT di Indonesia yang mempunyai konsep unik dan sebagai jembatan dunia digital dan dunia nyata.

selain itu , Toko juga mendukung para artis dan kreator lokal untuk meluncurkan kreasi ke panggung Dunia, selain sebagai koleksi, NFT yang diluncurkan TokoMall memiliki kegunaan lain dimana NFT bisa digunakan untuk menebus barang fisik dan mitra ekslusif.

Paras.Id

adalah Marketplace yang di bangun di atas jaringan blockchain NEAR, menawarkan kepemilikan dan kelangkaan digital. Paras juga menggunakan aset kripto NEAR sebagai transaksi antara kreator dan kolektor agar mendukung lintas batas.

awal mula, peluncuran paras.id mendapatkan suntikan dana sebesar $5 juta (senilai 7.18 Milliar) adapun Investor yang ikut terlibat dalam pendanaan tersebut adalah Black Dragon Capital, Dragonfly Capital, Moonwhale Capital, OKEX Blocdream Ventures serta Capital Ventures dan Investor lainnya.

Enevti

adalah Platform desentralisasi yang dapat membantu para penggemar berhubungan nyata dengan para influencer mereka.

di Enevti, NFT bisa di tebus dengan protokol pembiayaan kreator, dengan adanya Enevti hubungan fans dengan creator favorite mereka menjadi lebih dalam dan nyata.

TokoNFT

TokoNFT, adalah Marketplace buatan PT. Toko Karya Digital yang di luncurkan pada 25 November lalu, sebagai Marketplace TokoNFT memiliki keunikan dan keunggulan yang berbeda dari Platform NFT pada umumnya.

di antara keunikan dan keunggulan yang paling menonjol adalah NFT Staking, Multichain NFT, Metaverse NFT Gallery, Instagram NFT hingga Launchpad NFT dari keunikan itu hingga saat ini belum ada platform manapun yang pernah menyediakan fitur-fitur tersebut.

NFTPedia

Diciptakan untuk menyediakan cara bagi semua orang agar mendapatkan informasi terkait NFT dengan cepat dan mudah menggunakan jaringan Binance SmartChain (BSC) NFTpedia mempunyai tujuan agar menjadi tempat atau wadah perkumpulan para pecinta karya seni.

Artsky

Artsky, adalah platform terdesentralisasi yang menghubungkan antara penjual dan pembeli secara langsung, Artsky mempunyai misi mendukung banyak orang yang memiliki ide dan keterampilan digital kreatif agar menghasilkan uang.

selain itu, Arts juga menaungi berbagai bidang bidang seni antara lain yaitu gravity, digital art, video, musik dan masih banyak lagi, untuk mendukung marketplacenya selain masuk ke NFT, Artsky juga mengerjakan beberapa proyek gim, Defi, Metaverse serta decommerce.

Semua itu adalah daftar marketplace nft yang sudah tersedia di Indonesia, menurut sobat satecuan manakah yang menarik minat kalian?