Satechain Media

Central Bank Brazil akan memproyeksikan mata uang digital

SHARE

satechainmedia.com– Menurut direktur João Manoel Pinho de Mello dari brazil, mata uang digital bank sentral dapat memperluas inklusi keuangan dan mengurangi biaya dan waktu transaksi antar daerah.

Migrasi signifikan dari mata uang kertas ke alat pembayaran digital akan terjadi dalam beberapa tahun ke depan, menurut João Manoel Pinho de Mello, direktur Bank Sentral Brazil (BCB).

hasil diskusi pada hari Kamis. tentang potensi mata uang digital yang diselenggarakan oleh BCB, Mello menyatakan bahwa perpindahan ke pembayaran digital akan melibatkan penggunaan mata uang digital bank sentral (CBDC), Valor Economico, sebuah surat kabar keuangan Brazil, melaporkan.

“Kami memahami bahwa penggunaan CBDC akan terjadi dalam situasi di mana ia mampu membawa efisiensi dan transparansi transaksi yang lebih besar, baik dari perspektif ritel atau penggunaannya oleh agen yang membentuk industri keuangan dan pembayaran,” kata Mello, direktur CBDC. divisi organisasi dan resolusi sistem keuangan di BCB.

Jika dirancang dengan baik, mata uang digital resmi dapat memperluas inklusi keuangan dan mengurangi biaya dan waktu pembayaran lintas batas, “kata Mello”, seraya menambahkan bahwa proses tersebut memerlukan “kehati-hatian ekstrem dalam memilih desain dan teknologi” untuk menghindari pelanggaran perlindungan data. hukum, bank run, dan serangan siber.

peluncuran CBDC

Mello juga berpendapat bahwa penggunaan mata uang digital antara negara yang berbeda “harus diberikan pertimbangan khusus” untuk “menghindari substitusi yang tidak diinginkan dari mata uang berdaulat satu negara dengan mata uang negara lain.”

Pada bulan Juni, BCB memberi tahu bahwa mereka membutuhkan lebih banyak waktu untuk meluncurkan CBD.

“Menurut penilaian BCB saat ini, kondisi untuk adopsi CBDC Brazil akan tercapai dalam dua hingga tiga tahun,” tambah bank.

Roberto Campos Neto, presiden bank sentral, mengatakan Brazil bisa siap untuk mata uang digital tahun depan.

Elemen baru dari sistem keuangan Brazil termasuk sistem pembayaran instan yang baru diluncurkan yang dikenal sebagai PIX dan model perbankan terbuka. Bank mengatakan itu tergantung pada keberhasilan inisiatif tersebut untuk mendorongnya menuju peluncuran CBDC.