Satechain Media

Australia, Singapura, Malaysia, dan Afrika Selatan luncurkan peroyek CBDC secara serentak

SHARE

satechainmedia.com Bank sentral Australia, Singapura, Malaysia, dan Afrika Selatan telah mengumumkan inisiatif bersama untuk menguji coba penyelesaian internasional menggunakan mata uang digital bank sentral (CBDC).

Inisiatif tersebut, dijuluki Project Dunbar, yang akan membuat prototipe platform bersama dan memungkinkan mentransfer langsung antar institusi menggunakan mata uang digital yang dikeluarkan oleh beberapa bank sentral. proyek prototiple ini akan digunakan untuk menginformasikan “pengembangan platform global dan regional” selain mendukung peta jalan G20 untuk meningkatkan pembayaran lintas batas.

Dunbar

Proyek Dunbar akan dilaksanakan dalam kemitraan dengan Pusat Inovasi Bank for International Settlements (BIS) dari Singapore Center-nya. Proyek ini akan melibatkan banyak mitra untuk mengembangkan platform DLT yang berbeda dan mengeksplorasi desain yang berbeda yang akan memungkinkan bank sentral untuk berbagi infrastruktur CBDC.

Pengumuman bersama menekankan bahwa penghematan efisiensi yang terkait dengan pembayaran berbasis teknologi buku besar (DLT), dan menyatakan:

“Platform multi-CBDC ini akan memungkinkan lembaga keuangan untuk bertransaksi langsung satu sama lain dalam mata uang digital yang dikeluarkan oleh bank sentral yang berpartisipasi, menghilangkan kebutuhan akan perantara dan memangkas waktu dan biaya transaksi.”

Asisten Gubernur Reserve Bank of Australia (RBA) Michele Bullock menyoroti bahwa “meningkatkan pembayaran lintas batas telah menjadi prioritas bagi komunitas pengatur internasional,” menambahkan bahwa RBA “sangat fokus” pada masalah ini dalam pekerjaan kebijakan domestiknya.

“Project Dunbar menyatukan beberapa bank sentral dengan pengalaman bertahun-tahun dan perspektif unik dalam proyek CBDC dan mitra ekosistem pada tahap lanjutan pengembangan teknis mata uang digital,” kata Andre McCormack, kepala BIS Innovation Hub Singapore Centre. Dia menambahkan:

“Dengan kelompok mitra yang cakap dan bersemangat ini, kami yakin bahwa pekerjaan kami pada multi-CBDC untuk penyelesaian internasional akan membuka jalan baru dalam tahap eksperimen CBDC berikutnya dan meletakkan dasar untuk konektivitas pembayaran global.”

Namun, RBA secara konsisten meremehkan kebutuhan akan CBDC domestik, mengutip keberhasilan Platform Pembayaran Baru, yang memungkinkan transfer digital instan 24 jam sehari.

Inisiatif bersama akan membuat prototipe platform DLT bersama yang memungkinkan institusi untuk menyelesaikan transaksi lintas batas menggunakan mata uang digital yang dikeluarkan bank sentral.