Satechain Media

Apa Itu Tron ?

SHARE

TRON adalah platform blockchain canggih yang dibangun untuk mendesentralisasikan dan mendemokratisasi industri distribusi konten melalui gudang alat, platform, dan protokol tanpa izin.

Sebagai blockchain yang menggunakan kontrak pintar, TRON memungkinkan pengembang untuk membangun dan menyebarkan aplikasi terdesentralisasi (DApps) berkemampuan tinggi yang dapat dirancang untuk hampir semua tujuan termasuk game online, pertukaran terdesentralisasi, pertanian platform pinjaman terbuka, dan banyak lagi.

Platform ini didirikan pada September 2017 oleh pengusaha teknologi Justin Sun, yang saat ini mengepalai Yayasan Tron — sebuah organisasi nirlaba yang membantu pengembangan dan pertumbuhan ekosistem TRON.

mengumpulkan total $70 juta dalam penawaran koin awal (ICO) dan meluncurkan mainnetnya pada Juni 2018. Sejak itu, ia telah berkembang menjadi salah satu dari 20 cryptocurrency teratas berdasarkan kapitalisasi pasar dan secara singkat memegang tugas di antara 10 teratas.

Bagaimana Tron Bekerja?

TRON mirip dengan EOS di mana pengguna di jaringan perlu memperoleh sumber daya untuk bertransaksi atau berinteraksi dengan kontrak pintar. Di TRON, sumber daya ini dipisahkan menjadi empat jenis: bandwidth, CPU, penyimpanan, dan RAM. Pengguna perlu membekukan (mengunci sementara) TRX mereka untuk mendapatkan bandwidth dan energi.

Saat pengguna melakukan transaksi reguler, poin bandwidth dikonsumsi, sedangkan transaksi kontrak pintar juga mengonsumsi energi. Baik bandwidth dan energi secara bertahap pulih selama periode 24 jam.

Seperti kebanyakan platform kontrak pintar, TRON memiliki mesin virtualnya sendiri dalam hal ini, dikenal sebagai TRON Virtual Machine (TVM). TVM pada dasarnya adalah sistem operasi yang digunakan untuk menjalankan kontrak pintar di lingkungan yang aman dan terdesentralisasi, tetapi dapat diandalkan.

TVM dikatakan Turing-Complete, tetapi kemampuan penuhnya masih belum terungkap.

diamankan oleh mekanisme konsensus delegate Proof Of Stake (DPoS), yang menggunakan jaringan 27 perwakilan super (SR) untuk memverifikasi transaksi dan mengemasnya ke dalam blok. Perwakilan Super ini dipilih ke dalam posisi melalui pemilihan terbuka, yang melihat pemegang TRX memilih SR favorit mereka berdasarkan kemampuan mereka.

Perwakilan super juga ditugaskan untuk mengusulkan perbaikan pada jaringan TRON yang kemudian dipilih atau ditolak oleh SR lain dan jenis simpul kedua yang dikenal sebagai mitra SR.

di whitepaper , peta jalan 10 tahun ditetapkan untuk proyek tersebut. TRON saat ini hampir setengah jalan melalui peta jalan ini, dan pada April 2021 saat ini berada di era pengembangan “Perjalanan Hebat”.

Apa yang membuat Tron Unik?

dibangun untuk mendukung internet terdesentralisasi, di mana individu dapat mengakses konten tanpa batasan geografis, sensor, dal lainya. Ini mencakup sejumlah fitur yang membantu mencapai tujuan ini, termasuk:

On-chain Governance

TRON bergabung dengan semakin banyak platform blockchain untuk mendukung tata kelola on-chain memungkinkan pemegang TRX untuk memainkan peran aktif dalam membentuk masa depan platform dengan memilih perwakilan super dan mitra perwakilan super yang pada akhirnya menegakkan kehendak komunitas.

Pengguna yang berpartisipasi dalam proses pemungutan suara dengan mempertaruhkan token mereka akan menerima sebagian kecil dari hadiah jaringan sebagai imbalannya.

Dukungan Token

Seperti platform kontrak pintar pesaing lainnya, termasuk Ethereum , Binance Smart Chain dan Vexanium, TRX mendukung berbagai standar token, yang membantu pengembang memberdayakan berbagai kasus penggunaan baru. Ini termasuk standar token TRC-20, TRC-10 dan TRC-721 (non-fungible).

Skalabilitas Tinggi

dirancang untuk mendukung penskalaan on-chain yang besar, memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi yang dapat mendukung puluhan ribu pengguna secara bersamaan.

Saat ini, sistem konsensus DPoS TRON memungkinkannya menangani sekitar 2.000 transaksi per detik (TPS) dengan nyaman, tetapi ada rencana untuk lebih meningkatkan ini di masa mendatang.

Ekosistem yang Berkembang dengan Baik

Sebagai salah satu platform kontrak pintar paling awal yang pindah ke mainnet, TRON sekarang memiliki ekosistem produk DApps dan DeFi yang berkembang dengan baik.

Ini termasuk protokol berbagi file terdesentralisasi BitTorrent, pertukaran terdesentralisasi PoloniDEX dan ekosistem HANYA platform DeFi.

Karena mesin virtual TRON kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM), pengembang dapat dengan mudah mem-porting DApps mereka dari Ethereum atau blockchain lain yang kompatibel dengan EVM ke TRON.