Satechain Media

Nike Menuntut Reseller Online Karena Jual Sepatu Nike NFT Secara ilegal

SHARE

satechainmedia.com- Perusahaan Raksasa Sepatu kets Nike mengajukan gugatan terhadap Reseller online Stockx di pengadlian federal NewYork pekan lalu karena menjual Non-Fungible Token (NFT) menggunakan gambar sepatu Nike yang tidak sah.

Stockx yang berbasis di Detroit, dengan valuasi lebih dari $3.8 milliar tahun lalu. mulai menjual Gambar NFT merek Sepatu Nike pada bulan lalu.

Lebih merinci, bahwa reseller telah menjual lebih dari 500 NFT bermerek Nike secara ilegal.

Perusahaan juga lebih lanjut mencatat, bahwa stockx memberitahu pembeli jika mereka akan dapat menukarkan NFT untuk versi fisik sepatu dalam waktu dekat.

Nike mengklaim bahwa dengan mencetak token yang sebagian besar didasarkan pada sepatu kets Nike yang populer, Stockx melanggar dan melemahkan merek dagangannya.

Perusahaan mengatakan :

Nike tidak menyetujui atau mengesahkan NFT,”Vault”. NFT bermerek Nike dari Stockx … Produk yang tidak disetujui tersebut kemungkinan akan membingungkan konsumen, menciptakan asosiasi yang salah antara produk tersebut dan Nike, dan melemahkan merek dagang Nike yang terkenal.

Gugatan tersebut menyebutkan bahwa keluhan tentang harga yang melambung tinggi, persyaratan pembelian dan kepemilikan yang tidak jelas dengan keraguan pembeli tentang legitimasi produk stockx telah merusak reputasi bisnis Nike.

Sementara itu, Nike sedang bersiap untuk merilis produk virtualnya sendiri akhir bulan ini. bekerja sama dengan studio seni digital RTFKT, yang diakusisi pada bulan Desember lalu.

Gugatan tersebut meminta ganti rugi moneter dan perintah yang melarang stockx menjual atau mempromosikan NFT vault-nya yang menggunakan merek Nike.

ia juga ingin agar marketplace menghancurkan gambar nft yang telah terjual secara tidak sah.

Jumlah tuntutan hukum yang melibatkan NFT semakin meningkat, Seperti kejadian beberapa waktu lalu Miramax menggugat sutradara Quentin Tarantino pada November tahun lalu. atas rencananya untuk melelang NFT yang terkait dengan film Pulp Fiction tahun 1994.

Tarantino menyutradarai film itu tetapi studio mendistribusikannya bulan lalu, dan bukan itu saja perusahaan desain mewah asal Prancis Hermes menggugat seniman Mason Rothschild atas NFT Metabirkin tas miliknya.