Satechain Media

Ngeri! Jaringan Axie Infinity Diretas Dan Bawa Kabur Kripto RP8,9 Trilliun

SHARE

satechainmedia..com- Menurut Sky Marvis, pencipta game NFT Axie Infinity jaringan ronin telah diretas dan seseorang peretas berhasil menggasak 173.000 ethereum dan 25,5 juta usd coin (USDC).

Total kerugian yang dialami mencapai $620 juta atau setara Rp 8,9 Trilliun karena itu saat ini Ronin Network dan Katana DEX telah dihentikan sementara operasinya.

Game Axie Infinity Diretas Akibatnya mengalami kerugian besar

Game blockchain Non-Fungible token (NFT) terbesar Axie Infinity telah mengalami peretasan pada hari selasa setelah Validator jaringan Ronin di compromised, Sky Mavis. perusahaan dibalik proyek Axie Infinity menjelaskan bahwa validator telah di compromised sejak 23 maret.

Dana dikuras habis hanya dengan dua kali transaksi dan Sky Marvis menemukan serangan peretasan tersebut setelah pengguna mengeluh bahwa mereka tidak dapat menarik 5.000 ETH dari Ronin Network.

“Penyerangan menggunakan Private Key yang diretas untuk melakukan penarikan palsu,”Pernyataan postingan.

Mavis juga mengungkapkan,”Sementara Ronin Bridge dan Katana Dex telah dihentikan sementara.

“Kami bekerjasama dengan petugas penegak hukum, kriptografer forensik dan investor kami. untuk memastikan semua dana dipulihkan atau diganti Semua AXS, RON, dan SLP di Ronin aman sekarang,”tambahnya.

Lebih lanjut, Tim menjelaskan bahwa proyek menggunakan sembilan node validator untuk menjalankan Ronin dan untuk menyetor atau menarik lima dari sembilan validator diperlukan untuk memproses transaksi.

“Peretasan berhasil mendapatkan kendali atas empat validator Ronin Sky Mavis dan validator pihak ketiga yang di jalankan oleh Axie DAO,”Kata Mavis.

“Skema kunci validator diatur untuk didesentralisasi sehingga membatasi vektor serangan, mirip dengan yang ini, tetapi peretas menemukan pintu belakang melalui node RPC bebas gas kami, dan mereka menyalahgunakan untuk mendapatkan tanda tangan validator Axie DAO,”Ucapnya lagi.

Yang lebih buruk adalah bahwa Sky Mavis mencatat bahwa peretasan lolos karena perubahan yang dilakukan pada November 2021, dan mereka menghentikan skema Axie Dao pada bulan berikutnya.

Namun,”akses yang dizinkan tidak dicabut,”Kata Tim.

Sky Mavis juga menambahkan bahwa setelah peretas mendapatkan akses ke sistem Sky Mavis, mereka bisa mendapatkan validasi dari Axie DAO dengan menggunakan RPC bebas gas.

Mavis juga melanjutkan :

Kami telah mengonfirmasi bahwa tanda tangan dalam penarikan berbahaya cocok dengan lima validator yang dicurigai

Serangan terhadap Ronin Network adalah salah satu peretasan terbesar terhadap protokol kripto tahun ini, karena melampaui serangan terhadap Wormhole Bridge.

Melansir dari Bitcoin.com dan dikutip oleh satechainmedia, Serangan spesifik terhadap Wormhole Bridge itu menyebabkan kerugian sebesar $320 juta, tetapi dana tersebut digantikan oleh Jump Crypto. Sky menjelaskan pada hari selasa bahwa tim tersebut telah bekerja dengan penegak hukum untuk memastikan para penjahat diadili.

Selain itu, tim sedang dalam proses berdiskusi dengan pemangku kepentingan dan berbicara tentang bagaimana memastikan pengguna diberi kompensasi.