Satechain Media

Mengenal paling dekat Blockchain Hedera Hashgraph (HBAR)?

SHARE

satechainmedia.com- Hedera Hasgraph “HBAR” baru-baru ini menjadi populer karena kenaikanya yang mencapai 150 persen. HBAR coin adalah salah satu Cryptocurrency yang memiliki kelebihan dan keunikan yang tidak dimiliki pada Blockchain lainya.

Pada tanggal 16 September lalu, Mata Uang Kripto HBAR mengumumkan Pengenalan Non-Fungible Token (NFT) ke pada penggunanya.

Hal itu lah yang menjadi sumber kenaikan Crypto HBAR hingga, melesat tak terbatas dan pada akhirnya menjadi Crypto paling populer saat ini, yuk dari pada berlama-lama simak rangkuman Apa itu Blockchain HBAR supaya kalian bisa mengenal Proyeknya lebih dekat.

Apa itu HBAR?

Hedera Hashgraph adalah jaringan terdistribusi decentralisasi (decentralized network) yang secara struktural memiliki diferensisasi dari Blockchain Bitcoin dan Ethereum.

tetapi melakukan fungsi yang setara, itu berlandaskan pada algoritma keamanan dan validasi yang jauh lebih efisien dari pada yang saat ini di gunakan pada jaringan Blockchain.

Hedera Hashgraph mengoperasikan buku besar terbuka dan terdistribusi (distribusion open ledger) pada teknologi Blockchain Hashgraph. detail algoritma canggih mengintai di bawah tudung, beberapa di antaranya cukup menantang untuk di lihat oleh seorang bergelar Ph,D. intinya, jaringan bebasis hashgraph adalah alternatif praktis untuk Blockchain dan untuk mengimplementasikan buku besar terbuka dan mendukung crypto.

Teknologi Hedera menawarkan, beberapa manfaat atau keunggulan utama di bandingkan dengan Blockchain lainnya.

tidak ada penambangan (minning) ini mengindikasikan jika dampak emisi karbon dari penambangan Crypto akan berkurang. dan biaya transaksi lebih murah.

Hedera dapat menerapkan buku besar terbuka (open ledger) dengan manfaat keamanan dan anonimitas yang setara dengan buku besar berbasis Blockchain, namun dengan manfaat tambahan seperti kinerja yang lebih tinggi dan kapasitas yang lebih besar.

salah satunya, buku besar (open legder) berdasarkan Teknologi Hashgraph. dan satu-satunya mata uang kripto Hedera Hashgraph adalah HBAR, cuma. Hedera memberikan instruksi yang lebih rinci dan contoh code sumber untuk panggilan API yang memungkinkan pengembang membuat dan mengembangkan (dapp) mereka sendiri di jaringan Hedera Hashgraph.

Cryptocurrency HBAR coin, bertujuan untuk menjadikan token ultilitas jaringan Hedera. HBAR dapat di gunakan untuk biaya transaksi di jaringan, HBAR coin juga dapat dipertaruhkan (stake) ke node jaringan, hal ini bertujuan untuk menyediakan sistem pemungutan suara (voting) bertujuan untuk memvalidasi transaksi. dengan mekanisme Poof of Stake (POS) ini sangat berbeda dengan sistem yang di terapkan oleh Ethereum dan Blockchain lain nya, meskipun memiliki peran yang sama.

Cara kerja Blockchain Hedera Hashgraph

Fitur Hedera Hashgraph yang paling unik adalah struktur datanya untuk mengelompokkan transaksi yang disebut hashgraph, yang dapat memproses lebih banyak transaksi dengan lebih murah daripada blockchain yang ada.

Hashgraph adalah algoritma yang dipatenkan di mana semua node terus-menerus mengkomunikasikan informasi mereka satu sama lain, dan pada awalnya dirancang untuk penggunaan pribadi.

Hedera Hashgraph adalah iterasi pertama dari algoritma yang digunakan dalam jaringan publik.

Layanan Konsensus Hashgraph

Untuk memastikan semua komputer di jaringan terdistribusi menyetujui riwayat transaksinya, Hedera Hashgraph menggunakan mekanisme konsensus Hashgraph, yang didukung oleh dua jenis node.

Node konsensus menentukan pemesanan dan riwayat transaksi, sementara node miror menyampaikan informasi ini ke pemangku kepentingan lain di seluruh jaringan.

Dengan menggunakan jumlah node yang terbatas untuk menentukan riwayatnya, model Hedera memastikan bahwa transaksi tidak akan dibatalkan nantinya. Ini berbeda dari kebanyakan blockchain tradisional untuk mencapai konsensus, di mana keadaan blockchain ditentukan oleh pengguna yang mengusulkan blok untuk ditambahkan ke rantai dalam kompetisi pasar yang terbuka untuk siapa saja.

Akibatnya, Hedera Hashgraph mereka menawarkan fitur yang menggabungkan keunggulan jaringan blockchain publik dan pribadi.

Hedera Governance

Hedera Hashgraph diatur oleh badan yang dikenal sebagai Hedera Governing Council, yang bertugas menjalankan node konsensus yang menentukan pemesanan transaksi.

Pada tahun 2020, total 39 anggota duduk di anggota dewan, termasuk Google, IBM dan Boeing. Peran dewan adalah untuk mengelola perangkat lunak, memberikan suara pada perubahan, memastikan dana dialokasikan dengan benar dan menjaga status hukum jaringan di berbagai yurisdiksi.

Dari catatan bahwa ruang anggota dewan terbatas. Setiap anggota hanya bisa menjabat dua hingga tiga tahun berturut-turut. Selama waktu ini, anggota dewan memiliki suara yang sama pada keputusan jaringan dan platform.

Sementara anggota Dewan Pengatur menjalankan node mainnet. tim Hedera bermaksud untuk membukanya kepada siapa saja yang ingin mengoperasikan node di masa depan.

Siapakah Pendiri Blockchain Hedera?

Hedera Hashgraph diciptakan oleh Leemon Baird, seorang ilmuwan komputer, dan Mance Harmon, seorang eksekutif teknologi. Bersama-sama, Baird dan Harmon membentuk sebuah perusahaan bernama Swirlds pada tahun 2015.

Swirlds, akhirnya, memutar entitas yang disebut Hedera, yang dinamai Hedera Hashgraph, untuk mengembangkan dan mengatur jaringan langsung, Hedera, menggunakan teknologinya.

Sejak 2018, Hedera Hashgraph telah mengumpulkan $124 juta dari penjualan cryptocurrency HBAR-nya melalui perjanjian sederhana untuk penawaran token masa depan (SAFT).

Diluncurkan sebagai jaringan pribadi, Hedera Hashgraph berencana untuk secara bertahap mengizinkan lebih banyak entitas untuk bergabung dengan jaringan hingga akhirnya dipublikasikan di kemudian hari.