Satechain Media

Investor Kripto Merugi Sebanyak $700 Juta Di Q1 2022, Akibat Peretasan

SHARE

satechainmedia.com- Ketika pasar cryptocurrency terus bertumbuh, itu menarik lebih banyak perhatian dari penjahat dunia maya (peretasan), yang telah mencuri aset senilai hampir $700 juta dari platform kripto di Quater pertama tahun 2022 saja.

Sepanjang priode ini, peretas telah berhasil mendapatkan $682juta dengan 72 kali peristiwa peretasan, lebih dari setengah kerugian dikaitkan dengan peretasan pada ekosistem Solana (SOL) dan Binance Smart Chain (BSC) , menurut temuan baru-baru ini oleh tim Atlas VPN.

Source: Altas VPN
Source: Atlas VPN

Dalam empat serangan besar, Solana menderita kerugian sebesar $397 juta, yang terburuk adalah Wormhole, adalah jaringan Bridge penguhubung antara solana dan Keuangan Desentralisasi (DeFI) lainnya, dimana platform kehilangan sekitar $334 juta.

Sementara itu Binance Smart Chain menjadi target sebanyak 12 kali, dimana peretas kripto berhasil menggasak sekitar $99 juta.

NFT Menjadi target Banyak Peretasan

Menariknya, Non-Fungible Token (NFT) telah terbukti menjadi salah satu target yang paling menarik bagi peretas, terhitung hampir $49 juta dijarah dalam 20 kali serangan.

Jenis aktivitas penipuan yang sangat populer dalam kategori ini, dimana penipu meluncurkan proyek NFT, hanya untuk mencuci uang dari hasil jarahannya.

Selain itu, Pertukaran Cryptocurrency telah kehilangan aset $42 juta selama tiga serangan, sementara pengguna platform Ethereum dirampok sebanyak $25juta dalam 16 kali peristiwa selama priode yang diamati.

Peretasan mencapai titik tertinggi sepanjang masa

Menurut laporan dari Atlas VPN, jumlah pelanggaran dan penipuan terkait blockchain saat ini pada kuater pertama tahun 2022 juga merupakan yang tertinggi sepanjang masa untuk industri ini, terjadi peningkatan kasus 118% dibanding dengan priode yang sama pada tahun 2021.

Peningkatan peretasan terjadi pada saat kapitalisasi seluruh pasar meningkat, serta jumlah aset digital baru dan pertukaran kripto muncul di fase ini.

Seperti yang dilaporkan satechainmedia sebelumnya, pasar cryptocurrency baru-baru ini mengalami kenaikan dengan total $2 trilliun karena Raja dan Ratu mata uang kripto Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) mengalami lonjakan yang signifikan.

Source : CoinmarketCap

Pada saat pembuatan artikel ini, total kapitallitas pasar kripto bernilai $2,154,794,178,941, itu mengalami lonjakan 10,36% dari tujuh hari sebelumnya dan 17,03% selama sebulan, menurut Data CoinmarketCap.