Satechain Media

Good News! Pemerintah Rusia Kini Mendukung Legalisasi Cryptocurrency

SHARE

satechainmedia.com- Perdana menteri Mikhail Mishustin dan kementrian pembangunan ekonomi Rusia kini telah mendukung upaya untuk mengatur cryptocurrency dan mengintegrasikannya ke dalam ekonomi negara tersebut.

Dukungan itu datang ditengah meningkatnya sanksi atas perang di Ukraina yang membatasi akses Rusia ke Keuangan Global.

Melegalkan Ruang Crypto Untuk Rusia

Otoritas Rusia bergerak maju menuju adopsi kerangka hukum yang komprehensif untuk cryptocurrency, meskipun Bank sentral negara itu terus-menerus menentangnya.

Kementrian Keuangan yang merancang legalisasi itu, telah mendapat dukungan dari lembaga dan pejabat pemerintah lainnya, terlebih lagi sekarang karena Rusia menghadapi sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya, termasuk pembatasan finansial.

Pada awal Februari, pemerintah federal mengumumkan persetujuannya atas konsep regulasi Minfin. Kemudian kementrian mengajukan rancangan undang-undang baru tentang mata uang digital yang bertujuan untuk mengisi celah peraturan yang tersisa setelah pemberlakuan Undang-Undang Tentang Aset Keuangan Digital Pada Januari 2021, Melansir dari News.Bitcoin.com dan dikutip oleh satechainmedia.

Mengomentari upaya untuk mengadopsi cryptocurrency, Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin yang menyatakan bahwa pemerintah telah meninjau proposal dengan sangat merinci.

selama pertemuan dengan anggota parlemen dari partai Demokrat Liberal Rusia (LDPR) di duma.

ia menjelaskan :

Tentu saja mekanisme peredaran mata uang digital perlu diintegrasikan ke dalam sistem keuangan negara.

Pada saat yang sama, Mikhail menekankan bahwa masalah yang relavan dapat diselesaikan hanya dengan partisipasi Bank Of Rusia (CBR).

Dalam pandangannya, Bank sentral harus menilai resiko yang diciptakan cryptocurrency. pada bulan Januari otoritas moneter mengusulkan larangan crypto, dengan alasan resiko bagi stabilitas keuangan negara dan warganya.

Sementara itu, CBR ingin melarang berbagai kegiatan terkait crypto, termasuk penerbitan, perdagangan dan penambangan mata uang digital.

Perdana menteri juga mengungkapkan bahwa kabinet siap untuk mengatur operasi seperti penambangan crypto,”itu detail dalam konsep, itu sudah disetujui oleh kami,”Ucap Mikhail, menurut siaran pers layanan pemerintah.

Awal pekan ini, RUU Minfin juga didukung oleh Kementrian pembangunan ekonomi Rusia yang ingin membantu menyelesaikan proposal legislatif.

Penambangan Bitcoin, pembayaran cryptocurrency dan persyaratan untuk operator pertukaran aset digital perlu klarifikasi lebih lanjut,”kata departemen itu sambil mencatat bahwa masih menunggu umpan balik dari kementrian keuangan.