Satechain Media

CEO Twitter Jack Dorsey telah menjalankan full node bitcoin

SHARE

CEO Twitter Jack Dorsey akan segera memvalidasi blockchain Bitcoin setelah memposting sinkronisasi node pada postingan di twitter miliknya

Founder dan CEO Twitter Jack Dorsey telah meluncurkan node Bitcoin (BTC) miliknya sendiri. Pada 5 Februari, miliarder teknologi tersebut memposting tangkapan layar dari perangkat lunak node Bitcoin, Bitcoin yang berjalan di komputernya, yang berarti Dorsey sekarang membantu dalam memvalidasi transaksi Bitcoin.

Dorsey memposting tangkapan layar bersama dengan kata-kata, “Menjalankan #bitcoin”. Foto tersebut menunjukkan komputer Jack Dorsey di tengah-tengah sinkronisasi dengan blockchain Bitcoin, yang mengharuskan pengguna mengunduh seluruh riwayat rantai hingga saat ini. Blockchain Bitcoin berukuran sekitar 325GB pada saat penulisan.

Proses sinkronisasi dapat memakan waktu berminggu-minggu bergantung pada komputer dan kecepatan internet, dari tangkapan layar Dorsey menunjukkan bahwa sejauh ini dia hanya berhasil menyinkronkan 2% dari chain node tersebut.

Saat ditanya apakah dia menjalankan node pada Raspberry Pi khusus, Dorsey mengungkapkan bahwa dia telah menyiapkannya menggunakan chip M1 Macbook – yang terbaru dalam jajaran prosesor laptop Apple. Dorsey tweeted, “Mulai dari awal membangun di M1 dulu.”

Node Bitcoin berbeda dengan penambang Bitcoin karena mereka tidak bersaing untuk mendapatkan bagian dari hadiah blok. Sebaliknya, setiap node menyimpan salinan blockchain yang tidak dapat diubah, membantu meningkatkan keamanan jaringan secara keseluruhan. Jumlah node Bitcoin penuh yang beroperasi akhir-akhir ini berfluktuasi, mencapai antara 7.000 dan 11.000, menurut data terbaru.

Jumlah node Bitcoin baru-baru ini melonjak ke level tertinggi sepanjang masa. Seperti dilansir Cointelegraph, 11.613 node Bitcoin beroperasi pada 20 Januari. Jumlah itu turun menjadi 7.260.