Satechain Media

5 hal yang menjadi sorotan tentang Crypto minggu ini

SHARE

satechainmedia.com- Mata uang Crypto seperti Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) mengalami kenaikan minggu lalu. Seperti yang kita ketahui, Bitcoin naik hingga 14% dan berada di harga $49,365. Ethereum juga mengalami kenaikan hingga 14% dan berada di harga $3,425.

Mata uang Crypto lainnya juga mengalami kenaikan berkat beberapa hal seperti statement Jerome Powell selaku gubernur The Fed di Kongres AS, dan juga pemikiran Elon Musk tentang regulasi yang ada. Hal ini menjadikan tujuh hari terakhir menjadi hari yang mendebarkan.

Berikut kami sajikan 5 hal yang menjadi sorotan hangat terkait dengan crypto minggu ini.

1. Coinbase berencana mengizinkan pengguna melakukan penyetoran gaji ke akun mereka dan mengkonversinya ke Crypto

Coinbase  mengumumkan  bahwa penggunanya di AS akan dapat menyetor gaji mereka langsung ke dalam akun pada 27 september lalu tanpa minimal nominal. Pengguna yang menyimpan gaji atau uang mereka didalam akun dapat menyimpan dalam bentuk dolar ataupun cryptocurrency seperti Bitcoin

Max Branburk selaku wakil presiden produk di Coinbase mengungkapkan bahwa pengguna akan lebih mudah dalam mengakses layanan keungan crypto-first. Hal ini dibuktikan dengan adanya fitur setoran langsung, Coinbase juga tetap melakukan proses trading apapun dengan cepat dan efisien.”

Peluncuran akan ditayangkan dalam beberapa minggu mendatang. Meskipun tidak menentukan yang mana, Coinbase mengatakan akan menggunakan mitra bank yang diasuransikan FDIC untuk setoran langsungnya.

2. Elon Musk: Pemerintah AS sebaiknya menghindari regulasi Crypto

CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk menyatakan bahwa pemerintah AS seharusnya menghindari mencoba mengatur pasar crypto. Elon Musk juga beranggapan bahwa pemerintah mungkin saja memperlambat kemajuan Crypto dengan regulasi tertentu. Selain itu, menghancurkan crypto tentu menjadi hal yang jauh dari kata mungkin.

Tidak muluk-muluk saat ditanyai pada the Code Conference di Baverly Hills pasal pendapatnya mengenai keterlibatan pemerintah AS dalam mengatur Crypto, Elon Musk dengan tegas mengatakan agar pemerintah tidak melakukan apa-apa terkait cryptocurrency.

Selain itu, Tesla mengatakan telah  membeli bitcoin senilai $1,5 miliar pada awal tahun ini. Nilai kepemilikan tersebut  membengkak menjadi sekitar $2,5 miliar pada kuartal kedua karena harga bitcoin melonjak, meskipun harganya telah turun. Ini juga sejalan dengan  Elon Musk yang sangat mendukung adanya cryptocurrency.

3. TikTok meluncurkan koleksi NFT pertamanya

TikTok baru saja mengumumkan berita yang mengejutkan pada hari kamis lalu. Mereka dikabarkan akan meluncurkan non-fungible token (NFT)yang disebut dengan “TikTok Top Moments”.

Menurut Tiktok, koleksi NFT mereka akan mencakup enam NFT yang dirancang oleh beberapa pembuat konten. Adapun content creator yang terlibat adalah Lil Nas, Gary Vanynerchuk, Kombucha Girl, Grimes, dan pembuat konten yang sedang ciral atau trending lainnya.

Tiktok merencanakan peluncuran pertama akan dilakukan pada 6 Oktober dan dilanjutkan pada setiap minggu hingga mencapai akhir bulan. Menariknya, untuk penghasilan dari NFT ini sebagian besar akan diteruskan secara langsung pada artis NFT yang terlibat.

4. Jerome Powell tidak berniat untuk melarang mata uang Crypto

Seperti yang telah dihimpun oleh satechainmedia.com sebelumnya, Jerome Powell telah  menyampaikan di depan House Committee on Financial Services pada hari Kamis, bahwa gubernur The fed itu tidak berniat untuk melarang cryptocurrency.

Naeem Aslam seorang kepala Analis pasar di broker AvaTrade juga menyambut baik adanya statement tersebut, “Hal ini tentu saja suatu poin yang sangat menguntungkan, apalagi jika dibandingkan dengan bank sentral China” pungkas Naeem.

5. El Salvador menambang bitcoin menggunakan energi dari gunung berapi

 Presiden El Salvador Nayib Bukele mentweet bahwa negara itu menambang 0,00599179 bitcoin , atau sekitar $269, dengan kekuatan yang dimanfaatkan dari gunung berapi pada hari jum’at lalu. Penambangan Bitcoin ini dijalankan oleh perusahaan listrik panas bumi milik El Salvador, LaGeo SA de CV.

Perusahan listrik LaGeo SA de CV membuat planning dan menawarkan fasilitas penambangan Bitcoin dengan emisi dan energi yang jauh lebih murah, lebih bersih, dan terbaharukan pada bulan Juni lalu. Proyek penambangan Bitcoin ini akhirnya mulai dijalankan diawali dengan pengujian dan pemasangan alat penambangan.